KONSULTASI

Bersama Leader: DM R.Widodo, Apt. (Pengasuh Gold Family)

MENGHADAPI BEBERAPA TANTANGAN BIASA/UMUM:

1. Bagaimana menghadapi fenomena Cutting Prize/banting harga?

Banyak diantara Mitra-Mitra kita yang sangat stress dengan adanya cutting prize, bahkan banyak yang menjadikan hal itu sebagai alasan untuk segera berhenti dan menyerah. Berhenti dan Menyerah itu hal biasa bagi orang yang biasa, tetapi bagi orang-orang spesial seperti Anda yang tidak gampang menyerah, tentu harus mau belajar tentang fenomena bisnis Networking, bukan hanya sisi-sisi enaknya tetapi juga sisi-sisi tantangannya.

Tentu saja Cutting prize itu perbuatan yang tidak boleh dilakukan, mereka yang melakukannya disebabkan karena berbagai alasan: Fokus retail, atau Tidak pintar menjual sehinggga cara sederhana ya jual bawah harga biar cepat habis. Mereka bukan pembangun jaringan yang baik, karena cutting prize berarti membunuh jaringan.

Bagaimana tindakan Perusahaan? Perusahaan akan menindak tegas berdasarkan bukti yang dilaporkan. Bukti berupa kwitansi resmi, nama pelaku, no telp,  bila perlu no ID. Biasanya kesulitannya adalah menemukan bukti dan nama pelaku, karena banyak cutting prize dilakukan bukan oleh member, tapi orang yang dititipi oleh member. Mereka umumnya sudah saling sepakat untuk merahasiakan identitas member tsb. Ketika kemudian dicoret oleh perusahaan, orang bisa daftar lagi atas nama suami/istri dan melakukan cutting prize lagi. Dan jumlah yang melakukan cutting prize cukup banyak dan berganti-ganti orang.

Disinyalir, sumber terjadinya cutting prize adalah adanya paket promo. Makanya paket QM ditiadakan dan paket VIP akan dihentikan mulai bulan bonus September 2013, Paket 4+2 pun akan dibatasi maksimal 2x sebulan mulai Sep”13 juga.

Faktanya di semua perusahaan Networking, selalu ada cutting prize. Apalagi yang produknya digemari orang, tentu saja resiko cutting prize menjadi lebih besar. Bahkan di bisnis dan produk konvensional, hampir semuanya juga ada fenomena banting harga. Makanya di Glodok orang mencari yang harga murah. Tetapi fakta juga membuktikan, bahwa meskipun orang tahu tempat-tempat dimana suatu barang dijual lebih murah, tetapi tidak semua orang mau ke tempat tersebut. Tidak semua mau beli di tempat grosir, bahkan hanya sekian persen saja yang beli di grosir, kebanyakan belinya ya di eceran dengan harga eceran. Kenapa? kebanyakan orang pingin simpel, cepat dapat barang, atau di tempat yang pelayanannya bagus.

Sebenarnya yg terpengaruh cutting prize hanyalah bagian kecil, coba lihat berapa persen orang yang sudah pakai avail/ (mungkin 1-2% saja), berapa dari pemakai avail yang tahu bahwa di tempat tertentu dijual murah? (mungkin seperlimanya pemakai). Mengapa kita konsen kita kepada seperlima dari 1-2% masyarakat? bukan yang 98 % yang belum tahu/belum pakai avail?

Yang terpenting, apakah cutting prize akan menghambat kita untuk sukses? Dari pengalaman saya, saat saya memulai bisnis Avail di awal 2009, sudah ada cutting prize itu. Kalau saya terus stress dan berhenti tentu saja saya tidak akan berkembang menjadi ribuan jaringan dan menjadi Diamond Manager saat ini. Lalu bagaimana? Jangan fokus pada retail, tetapi fokuslah pada networking. Bagaimana agar orang memahami produk dan bisnisnya dan menjadi member. Member bisa dapat harga 19 ribu/bungkus bukan (beli paket plus) bahkan bisa gratis malah dapat income? Dan sampaikan ke jaringan agar mereka tidak menjadikan para retailer sebagai pesaing, kita tidak sedang bertarung dengan mereka, yang mereka tawarkan hanya harga lebih murah, tapi yang kita tawarkan selain harga lebih murah lagi, tetapi juga peluang untuk mendapatkan bonus yang bisa terus bertumbuh bila mau turut bercerita (bintang iklan). Bukankah kesempatannya masih terlalu besar? masih 99% wanita yang belum pakai Avail. Calon orang gagal selalu melihat hambatan di dalam peluang, tetapi calon orang sukses melihat peluang di dalam masalah. Maka pilihlah…mau melihat 99% pangsa pasar ini atau terus stress dengan beberapa orang yang cutting prize. PILIHAN DITANGAN ANDA! SUKSES! (DM R.WIDODO)

2. Saya mendapati ada kompetitor-kompetitor bermunculan, bahkan ada kompetitor yang menyerang AVAIL, bagaimana ini?

Dalam dunia bisnis, kompetitor itu tidak bisa dihindarkan dan bahkan dibutuhkan. Bisnis yang tidak mengundang munculnya kompetitor tandanya bisnis tersebut tidak terlalu prospektif. Kue yang enak akan selalu mengundang semut. Karena  kue bisnis pembalut sehat sangatlah besar, tentu saja akan mengundang para produsen dan pebisnis.

Yang penting, bagaimana posisi kita? Posisi AVAIL sangat kuat. Terbukti meraih predikat MLM pendatang baru terbaik 2009 (APLI), MLM EXELLEN AWARD 2011, GOLDEN MIDAS AWARD 2012 dan 25 TOP WEBSITE MLM, dan yang jelas masyarakat pemakai AVAIL paling banyak dibanding merk-merk lain pembalut kapas. Dalam HUKUM MARKETING ada hukum yang penting: Lebih baik menjadi yang pertama daripada menjadi yang lebih baik, Lebih penting menjadi yang pertama dalam ingatan daripada yang pertama di tempat penjualan. Jadi Kans AVAIL untuk menjadi Market Leader Pembalut Sehat adalah sangat besar. Siapa yang konsisten untuk terus melakukan sosialisasi ke seluruh masyarakat, dialah yang berhak menjadi Market Leader di masa kini dan mendepan.

Ada memang kompetitor yang terang-terang menyerang AVAIL, mengatakan bahwa produknyalah yang asli karena pabriknya yang digunakan AVAIL pertama kali dulu. Itu cara bersaing yang tidak sehat, bahwa memang AVAIL sekarang pindah pabrik bukan berarti formulanya milik pabriknya dulu. Formula AVAIL adalah milik AVAIL dan terserah AVAIL mau menggunakan pabrik yang mana, sekarang sudah punya pabriknya sendiri di Huizhou, semua sudah bisa lihat sendiri. Cobalah baca formula mereka, jelas beda. Mereka mengesankan seolah mereka yang asli…itu cara tidak bermoral, dan terbukti sudah 2 th nan mereka tetap saja kecil tidak bisa menyaingi AVAIL. Sudahlah biarkan mereka…

Boleh dibilang saat ini AVAIL sudah menjadi trensetter pembalut kapas. Memang sebuah cara baru, era baru, harga baru, pemahaman baru, butuh waktu untuk diterima. Tetapi tanda-tanda itu sedemikian kuat. Kompetitor justru akan menguatkan sebuah pemahaman: “Sekarang eranya sudah berubah, orang mesti pakai pembalut yang sehat bila ia tidak mau dianggap ketinggalan jaman”. SO….SELAMAT MENIKMATI PERJALANAN SEJARAH MENJADI MARKET LEADER…TENTUNYA HANYA AKAN MENGUNTUNGKAN ANDA KALAU ANDA JUGA MEMBANGUN LEADER-LEADER JARINGAN ANDA SENDIRI. SUKSES!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s